Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama PT Krakatau Streel Tbk. Silmy Karim dalam peresmian subholding PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI), Selasa 13 Juli 2021. - Istimewa
Lihat Foto
Premium

Prospek Krakatau Steel KRAS di Tengah Ancaman Kebangkrutan

Sejumlah langkah disiapkan oleh PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. untuk mengatasi ancaman potensi kebangkrutan, sembari memanfaatkan prospek cerah industri baja.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
23 Desember 2021 | 18:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah memanasnya isu ancaman kebangkrutan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., perseroan meyakini dapat terbantu oleh prospek positif nan cerah dari industri baja. 

Sekadar informasi, kabar ancaman kebangkrutan emiten berkode saham KRAS dihembuskan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada saat rapat kerja dengan DPR RI pada 2 Desember lalu. Kala itu Erick menyatakan Krakatau Steel akan bangkrut pada akhir tahun ini, jika tidak melakukan sejumlah langkah-langkah restrukturisasi. Salah satunya dengan menjual sub-holding Krakatau Steel yaitu PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI).

Namun, KRAS menyatakan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengatasi ancaman potensi kebangkrutan, sembari memanfaatkan prospek cerah industri baja. Perseroan optimistis kinerja atau pendapatan akan terdongkrak, bahkan mencapai US$1,4 miliar pada 2022.

Salah satu strategi KRAS untuk mendongkrak pendapatan tersebut adalah dengan mengunci penjualan hingga mencapai 1,5 juta ton baja melalui penandatanganan Long Term Supply Agreement (LTSA) dengan konsumen.

Direktur Komersial Krakatau Steel Melati Sarnita mengatakan perseroan mengubah metode penjualan yang awalnya spot sales menjadi komitmen kontrak jangka panjang. Hal itu diyakini akan lebih menjamin keberlangsungan operasional dan bisnis perusahaan karena mampu meningkatkan penjualan perusahaan.

"Selain dengan kontrak jangka panjang, peluang pasar juga masih terbuka dalam hal proyek infrastruktur negara, pasar ritel, hingga ekspor. Dengan begini, kami optimistis Krakatau Steel akan membukukan kinerja penjualan yang gemilang di tahun 2022," jelasnya dalam keterangan resminya Kamis (23/12/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top