Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Penanganan kelahiran menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi keselamatan ibu dan anak.  - Antara
Lihat Foto
Premium

Pelonggaran Investasi Asing Rumah Sakit Jadi Sentimen Tambahan untuk Emiten?

Pemerintah tengah membuka pintu yang lebih lebar kepada investor asing dengan menambah ketentuan porsi kepemilikan asing di rumah sakit. Bagaimana dampaknya kepada emiten rumah sakit?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
15 Desember 2021 | 09:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menetapkan batas atas kepemilikan saham rumah sakit bagi investor asing maksimal sebesar 67 hingga 70 persen. Dengan harapan, penetapan tersebut dapat menarik investor asing untuk menyuntikan modal ke rumah sakit dalam negeri.

Secara perinci, batas atas kepemilikan saham sebesar 70 persen ditujukan kepada investor yang berasal dari kawasan Asean. Sementara itu, batas atas kepemilikan saham senilai 67 persen diberikan kepada investor yang berasal di luar kawasan Asean. 

"Bidang usaha lebih terbuka. Kalau ada pengusaha nasional ingin mengembangkan layanan kesehatan ini, justru mereka membuka ruang negosiasi sesuai dengan kemampuan mereka untuk kepemilikan permodalan," kata Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM Yuliot Tanjung , Senin (13/12/2021). 

Adapun amanat batas atas kepemilikan saham pada sektor kesehatan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10/2021 Tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Aturan itu memungkinan terjadinya kepemilikan rumah sakit yang fleksibel di antara pelaku usaha dalam negeri dan asing. Dengan demikian, investasi pada bidang kesehatan bisa lebih terbuka dan kompetitif. 

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas menilai, aturan tersebut dapat menjadi katalis positif bagi emiten-emiten rumah sakit. Ketentuan tersebut bertujuan untuk menarik perhatian dari pihak asing dan memperbesar peluang masuknya investor asing di RS.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top