Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja mengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Muara Sabak Barat, Tajungjabung Timur, Jambi, Jumat (10/7/2020). - Antara / Wahdi Septiawan.
Lihat Foto
Premium

Menilik Strategi AALI, ANJT, SSMS & MGRO Pacu Produktivitas

Proses peremajaan atau replanting menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas perkebunan dari lahan existing, di tengah moratorium pembukaan lahan baru. Lalu bagaimana sejauh ini emiten perkebunan sawit menerapkannya?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
22 September 2021 | 18:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Masa moratorium perizinan untuk pembukaan lahan baru perkebunan kelapa sawit, sejatinya salah satunya ditujukan untuk memperkuat industri sawit nasional.

Ketentuan moratorium tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No.8/2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit Serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit.

Beleid tersebut pun telah berakhir masa berlakunya pada 19 September lalu. Sejauh ini, sejumlah pengamat meyakini Presiden Joko Widodo akan memperpanjang kembali kebijakan tersebut.

Adapun, selama proses moratorium tersebut, para pengusaha perkebunan sawit diharapkan mengoptimalkan lahan yang telah dimilikinya saat ini, ketimbang terus membuka lahan baru. Proses peremajaan atau replanting menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas perkebunan dari lahan existing.

Lalu bagaimana strategi replanting serta menghadapi ketidakpastian dari program moratorium, yang dilakukan perusahaan pemilik perkebunan sawit, terutama emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)?

Perusahaan sawit milik Grup Astra, PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) mengaku telah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp1,2 triliun pada tahun ini. Belanja modal tersebut akan dialokasikan untuk replanting dan perawatan tanaman yang belum menghasilkan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top