Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja memeriksa kondisi kandang dan ayam di peternakan ayam modern Naratas, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/4 - 2020). /Antara
Lihat Foto
Premium

Ketahanan CPIN, JPFA, & MAIN di Tengah Tekanan Harga Pakan

Meroketnya harga jagung global berdampak pada harga pakan ternak di Indonesia. Bagaimana dampaknya terhadap emiten perunggasan Tanah Air?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
13 September 2021 | 19:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa perternak mandiri di beberapa daerah mulai berteriak mengeluhkan harga pakan ternak yang melonjak. Lantas, apakah sentimen peningkatan harga pakan akan berdampak signifikan terhadap emiten perunggasan atau poultry?

Seperti dkutip dari Solopos.com, Senin (13/9/2021), salah satu peternak ayam petelur di Teras, Kapupaten Boyolali, Krishandrika Immanuel Raharjo mengatakan harga pakan ayam saat ini mengalami kenaikan signifikan.

Dia menjelaskan untuk perbandingan ideal harga pakan dan harga telur adalah 1:3. Kalau harga pakan Rp7.000/kg, maka harga telur idealnya Rp21.000/kg. Ketimpangan antara harga pokok produksi (HPP) dan harga telur tersebut sudah terjadi sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurutnya ketimpangan harga telur dan HPP tersebut sangat memberatkan peternak. Dia pun berharap pemerintah bisa membantu para peternak agar dapat menjalankan usaha dengan lancar.

"Tidak tahu bagaimana caranya, yang penting bahan baku pakan kami turun harga, sehingga minimal kalau terjadi penurunan harga telur, kami masih bisa mengikuti," kata dia.

Dia menyebut komponen utama pakan adalah jagung, yakni sekitar 50 persen-60 persen. Sementara harga jagung naik dari angka sekitar Rp4.000 menjadi sekitar Rp7.000. Di sisi lain, komponen pakan memiliki peran 70 persen dalam penghitungan HPP.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top