Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung berjalan di area pusat perbelanjaan Boxies123 Mall, Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). - ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Lihat Foto
Premium

Nelangsa Emiten Restoran Cepat Saji di Bawah Bayang-bayang Perpanjangan PPKM Darurat

Wacana perpanjangan PPKM Darurat ramai terdengar. Berpotensi makin menekan kinerja emiten restoran cepat saji.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
15 Juli 2021 | 18:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Terus bertambahnya kasus harian Covid-19 membuat wacana perpanjangan PPKM Darurat nyaring terdengar. Bagi perusahaan-perusahaan restoran cepat saji alias fast food, hal tersebut jelas bukan kabar baik.

Hingga awal tahun ini, sektor restoran cepat saji belum benar-benar pulih dari dampak pandemi. Situasi tersebut salah satunya tampak jelas dari kinerja para emiten di sektor ini.

PT Sarimelati Kencana Tbk. (PZZA), emiten pengelola jaringan fast food Pizza Hut di Indonesia, cuma membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp4,87 miliar pada kuartal I/2021. Realisasi ini merosot 19,35 persen secara year-on-year (yoy).

Laba senilai Rp6 miliar yang dibukukan perseroan pada 3 bulan pertama 2020 saja, tak cukup mengantarkan perseroan finis dengan posisi bagus. Pada akhir 2020, PZZA merugi Rp93,51 miliar dan kini dengan kinerja awal tahun yang lebih lesu, bukan mustahil rapor akhir tahun ini bakal makin jeblok.

“PPKM Darurat sangat berdampak karena penghasilan kami adalah di dine-in [makan di tempat]. Untuk layanan delivery [pesan antar] dan take away [bawa pulang] tidak sebesar dine-in,” tutur Sekretaris Perusahaan PZZA Kurniandi Sulistyomo, Rabu (14/7/2021).

PPKM Darurat yang sedang berjalan memang melarang warung makan—termasuk restoran cepat saji—melayani pelanggan yang makan di tempat. Layanan pesan antar dan transaksi take away pun tak berjalan maksimal lantaran jam buka juga dibatasi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top