Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Direktur PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. Herman Setya Budi (kiri) didampingi Direktur Helmy Yusman Santoso memberikan penjelasan usai RUPST di Jakarta, Selasa (21/5/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Lihat Foto
Premium

Grup Saratoga Tergoda Lepas Bisnis Menara (TBIG), Siapa Pembeli Potensialnya?

Saham Grup Saratoga di PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) dikabarkan bakal dilego. Siapa saja yang berpotensi menjadi penadahnya?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
07 Juli 2021 | 13:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tak ada angin tak ada hujan, Selasa (6/7/2021), muncul spekulasi yang menyebut Grup Saratoga sedang mempertimbangkan opsi penjualan saham mayoritas di emiten menara telekomunikasi, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).

Pemberitaan Bloomberg menyebut Grup Saratoga telah menunjuk beberapa bank untuk menyusun telaah hitung-hitungan untung rugi jika kepemilikan mereka dijual. Meskipun, belum ada jaminan bahwa transaksi penjualan akan benar-benar terealisasi. 

Dengan valuasi kepemilikan Grup Saratoga di TBIG yang berkisar US$3 miliar atau setara Rp43,5 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar AS), jika terealisasi, penjualan tersebut akan menjadi transaksi terbesar kedua di Indonesia pada tahun ini, setelah merger Gojek-Tokopedia.

Itu pula alasan mengapa saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) sempat naik harga 10,56 persen ke level Rp1.885 begitu pemberitaan Bloomberg tersiar, Selasa (6/7). Sebaliknya, saham TBIG justru terpantau mengalami koreksi tipis pada hari yang sama.

Head of Corporate Communications SRTG Catharina Latjuba mengatakan dari waktu ke waktu, Saratoga menerima minat dari beragam sumber dan berbagai pihak ketiga yang menawarkan potensi investasi maupun divestasi. Sebagai sebuah perusahaan investasi aktif, Saratoga mempelajari berbagai tawaran dan peluang yang ada.

"Terkait berita mengenai rencana divestasi saham PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. yang dimiliki Saratoga melalui salah satu anak perusahaan kami, saat ini Saratoga tidak memiliki rencana terkait TBIG dan oleh karenanya tidak ada informasi yang bisa kami bagikan," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (7/7).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top