Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Papan pengawasan khusus bakal dibuat untuk menempatkan saham-saham yang kini diperdagangkan di level gocap atau level terendah. (Bisnis - Nurul Hidayat)
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis : IPO Sona Topas Diserbu Investor Asing

Penawaran perdana saham emiten biro perjalanan pariwisata afiliasi konglomerat Dato’ Sri Tahir, PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA), mendapat respons positif dari kalangan pelaku pasar.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
06 Juli 2021 | 19:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Saham baru yang ditawarkan oleh PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA) lewat initial public offering (IPO) memikat hati investor.

Emiten afiliasi Mayapada Group milik konglomerat Dato’ Sri Tahir memulai perjalanannya pada 1978 dengan nama PT Sona Topas Group. Entitas perusahaan saat itu hanya mencakup kegiatan yang menawarakan berbagai jasa yang berhubungan dengan sektor pariwisata baik domestik maupun internasional.

Dalam perjalanannya, Sona Topas kemudian menyadari kebutuhan akan fasilitas belanja yang nyaman bagi wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, perseroan melebarkan bidang usah ke pengoperasian toko bebas bea alias duty free shop melalui PT. Inti Dufree Promosindo (IDP) dan PT. Arthamulia Indah (AMI).

Berita mengenai peresmian duty free di Bali sempat menjadi sajian utama Harian Bisnis Indonesia edisi 25 November 1990 dengan judul ‘Indonesia Kini Memiliki Duty Free Shop Terbesar untuk Asia Tenggara’.

Anak perusahaan Perseroan ini mendapat dukungan dari DFS yang merupakan salah satu perusahaan penghasil barang-barang mewah dan bermutu tinggi yaitu Louis Vuitton Moet & Hennessy (LVMH). DFS sendiri merupakan operator jaringan toko bebas bea terkemuka di dunia.

Tidak lama setelah merambah bisnis duty free, Sona Topas melangkah ke lantai bursa dengan menggelar penawaran umum perdana saham. Emiten berkode saham SONA itu resmi mencatatkan 11,5 juta sahamnya pada 21 Juli 1992.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top