Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Premium

Menilik Prospek Saham Sektor Teknologi di Tengah Sentimen GoTo

25 Mei 2021 | 17:18 WIB
Meroketnya kinerja saham teknologi di Amerika Serikat dan rencana IPO entitas merger Gojek dan Tokopedia yakni GoTo, diyakini menjadi katalis positif kinerja sektor teknologi di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana masuknya bisnis rintisan unikorn hingga dekakorn teknologi dinilai semakin membuka ruang pertumbuhan indeks sektor teknologi atau IDX-IC Technology. Hal itu diperkirakan pula mendorong minat investor untuk menggenggam emiten sektor tersebut.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) indeks teknologi melonjak paling tinggi di tengah mayoritas indeks sektor lainnya mengalami koreksi. Rasio Indeks sektor teknologi dapat tumbuh signifikan sebesar 216,02 persen secara year to date (ytd).

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Sebab, bursa Amerika Serikat (AS) sejauh ini juga relatif ditopang oleh saham-saham sektor teknologi. Dengan demikian, wajar jika perusahaan sektor teknologi dapat menjadi salah satu emiten paling dicari di bursa.

Masih hangat jadi perbincangan publik, setelah merger Gojek dan Tokopedia, kedua perusahaan tersebut ancang-ancang untuk melangkah ke lantai bursa. CEO Tokopedia William Tanuwijaya juga telah mengungkapkan bahwa GoTo bakal dual listing alias tercatat di dua bursa sekaligus yakni di dalam negeri dan luar negeri.

Kendati demikian, kepastian aksi korporasi tersebut digelar belum disampaikan secara pasti. Begitu pula dengan berapa saham yang akan dilepas, ataupun nilai total initial public offering (IPO) GoTo.

Adapun, kalangan analis menilai masuknya perusahaan teknologi di lantai bursa dapat menjadi sentimen positif meningkatkan prospek emiten sektor teknologi, meskipun belum terlalu signifikan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top