Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). Pemerintah beserta operator seluler sepakat akan tetap memberlakukan aturan blokir Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) mulai 18 April 2020 dalam upaya memberantas ponsel atau HP ilegal yang banyak beredar di pasaran. - ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Premium

Siasat EXCL dan Anak Usaha TLKM Hindari Tekanan Bisnis Legacy

18 Mei 2021 | 19:30 WIB
Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yakni  PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) telah menyiapkan strategi untuk menghindari tekanan dari penurunan bisnis nondata alias legacy.

Bisnis.com, JAKARTA – Tren penurunan pendapatan dari bisnis legacy  alias non-data dan digital diperkirakan berlanjut pada tahun ini. Sejumlah operator telekomunikasi pun menyiapkan siasat untuk menghadapi tekanan tersebut.

Siasat tersebut di antaranya telah disiapkan oleh anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yakni  PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL). Seperti diketahui, pendapatan operator seluler dari layanan legacy di antaranya diperoleh dari layanan panggilan suara dan SMS.

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi memperkirakan pendapatan operator dari layanan legacy pada tahun ini akan kembali merosot. Penurunan tidak akan jauh berbeda dengan yang terjadi pada 2020.  

“Dugaan saya masih linier seperti tahun lalu,” kata Ridwan, Sabtu (15/5/2021).

Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC) M. Tesar Sandikapura memperkirakan penurunan pendapatan dari layanan legacy pada tahun ini akan kembali terjadi dikisaran 20 persen – 30 persen dibandingkan dengan 2020.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Tesar, operator dapat membangun kembali kesadaran para pelanggan bahwa layanan legacy – dari sisi kualitas panggilan suara dan SMS - lebih baik dibandingkan dengan layanan panggilan suara dan pesan berbasis aplikasi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top