Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
PT Sat Nusapersada Tbk. - satnusa.com
Premium

Ekspektasi Tinggi Sat Nusapersada (PTSN) Si Perakit iPhone dan Xiaomi di Tengah Krisis Chip

05 April 2021 | 15:04 WIB
Sebagai perakit smartphone dunia, PT Sat Nusapersada Tbk. (PTSN) menanggung ekspektasi tinggi dari pemerintah. Apa tantangan yang dihadapi dan bagaimana dampaknya ke kinerja saham perusahaan?

Bisnis.com, JAKARTA — Kunjungan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro ke PT Sat Nusapersada Tbk. pada akhir pekan lalu menghasilkan buah manis bagi pergerakan saham perusahaan perakit ponsel tersebut.

Pada sesi pertama perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (5/4/2021), saham emiten yang diperdagangkan dengan kode PTSN itu menanjak 4,04 persen ke harga Rp206,04. Padahal, pada sesi pertama, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru sedang mengalami pelemahan 0,4 persen ke level Rp5.988,08.

Mulai munculnya ketertarikan investor berburu saham PTSN tidak lepas dari hasil kunjungan tersebut. Dalam keterangannya usai pertemuan itu, baik Menristek maupun manajemen PTSN sama-sama menyatakan optimisme bahwa produksi ponsel pintar dan perangkat teknologi berstandar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lain bakal ditingkatkan.

“Kami melihat langsung, memastikan apakah PT Sat Nusapersada siap untuk menyediakan teknologi yang bisa siap untuk kebutuhan nasional. Kami melihat mereka ternyata sangat siap dengan sistem yang ada sekarang,” kata Bambang, Sabtu (3/4). 

Pada saat bersamaan, Direktur Operasi PTSN Bidin Yusuf juga memberi bocoran bahwa PTSN akan makin gencar berpartisipasi dalam pembuatan alat pembayaran digital dengan TKDN di atas 40 persen untuk dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia.

“Dengan memanfaatkan platform digital para pelaku UMKM tersebut akan memiliki kesempatan yang sama dengan pelaku usaha lain untuk menjual produknya dan dapat menekan biaya operasional,” ujarnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top