Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Jaringan bisnis HERO. - Dok.Hero
Premium

Historia Bisnis : Saham HERO, Keluarga Kurnia & Penguasaan Pengendali Astra (ASII)

23 Maret 2021 | 21:23 WIB
Secara perlahan, Jardine yang juga pengendali Astra (ASII), akhirnya menguasai HERO melalui penyerapan saham publik hingga mengkonversi obligasi menjadi saham.

Bisnis.com, JAKARTA - Ledakan penduduk kelas menengah membuat bisnis ritel semakin mendapat tempat di Tanah Air. Atas keyakinan itu, Keluarga Kurnia, pendiri supermarket Hero Supermarket berusaha mempertahankan kepemilikannya. 

Bisnis Indonesia edisi 23 Maret 2005 mencatat bahwa keluarga pendiri itu terus berupaya bertahan sebagai pengendali di HERO dengan tajuk laporan 'Keluarga Kurnia Tetap Kuasai Hero'. Meski begitu, kemudian peran ini dijalankan tidak lama. 

Dalam laporan edisi 16 tahun lalu itu disebutkan Keluarga Kurnia melalui PT Hero Pusaka Sejati (HPS) tetap pemegang saham pengendali di PT Hero Supermarket Tbk, (HERO) karena publik yang melepas saham ke Nalacca BV saat penawaran tender hanya  20,42 persen.

Kuasa Hukum Hero dari Kantor Pengacara Lontoh & Kailimang, Edward N. Lontoh mengatakan setelah penawaran tender ditutup pada 20 Januari 2005, Hero tetap menjadi perusahaan terbuka.

"Saat penawaran tender, publik ada yang menjual, ada yang tidak, termasuk pihak penggugat I & II [Matahari dan Fuad Tanjung] tidak menjual," katanya, saat itu. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top