Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Balon promosi Goodyear di atas pabrik ban.  - goodyear.
Premium

Induk Usaha Goodyear Indonesia (GDYR) Akuisisi Raksasa Ban Asal Amerika Serikat

23 Februari 2021 | 06:00 WIB
Di tengah masih tertekannya industri ban nasional maupun global, induk usaha dari PT Goodyear Indonesia Tbk. (GDYR) berhasil melakukan aksi korporasi terhadap salah satu raksasa ban di Amerika Serikat.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan induk PT Goodyear Indonesia Tbk. (GDYR) berhasil merampungkan aksi korporasinya terhadap salah satu raksasa produsen ban di Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, Goodyear Indonesia mulai beroperasi di bidang industri ban pada 1917 dan mulai membangun pabriknya di Tanah Air pada 1935. Kala itu pabrik ban pertama bertempat di Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan terbaru per 31 Januari 2021, komposisi pemegang saham emiten berkode GDYR dimiliki oleh PT Kalibesar Asri sebanyak 7,07 persen dan masyarakat 7,93 persen.

Sementara itu porsi saham sebesar 85 persen dikuasai oleh induk usahanya yang berpusat di Amerika Serikat yakni The Goodyear Tire & Rubber Co.

Adapun, induk usaha GDYR yakni The Goodyear Tire & Rubber Co. merupakan aktor utama dari proses akuisisi yang dilakukan terhadap Cooper Tire & Rubber Co. yang merupakan salah satu raksasa produsen ban Paman Sam.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (23/2/2021), Goodyear Tire & Rubber Co. setuju untuk membeli Cooper Tire & Rubber Co. seharga sekitar US$2,8 miliar. Hal ini memperkuat posisinya sebagai penguasa dan peringkat satu di pasar AS. Di sisi lain, kesepakatannya itu juga membuat perseroan menggandakan kehadirannya di China, di mana penjualan mobil melonjak lagi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top