Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Ramai Rights Issue Emiten dari BBYB, MAYA, BRIS hingga BBRI, Siapa Paling Menarik?

16 Februari 2021 | 18:01 WIB
Sederet emiten bersiap melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue pada awal tahun ini. Hal ini tentu perlu dicermati oleh para investor.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah emiten berancang-ancang melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue untuk menunjang bisnisnya. 

Adapun beberapa emiten yang berencana melakukan rights issue tersebut di antaranya PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB), PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG), PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME), PT Bank Mayapada Tbk. (MAYA), PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI).

Secara perinci, MAYA yang merupakan emiten milik taipan Dato' Sri Tahir menyatakan bakal menggelar rights issue dengan rasio saham baru dibanding saham lama adalah 3.659 : 5.000 dengan harga Rp400 per saham.

Sementara itu, SAME akan mengeluarkan saham baru sekitar 10,3 miliar unit. Selanjutnya, Bank Neo Commerce meluncurkan 832,72 juta saham baru, sedangkan Smartfren Telecom berencana menerbitkan 7 miliar saham seri C dengan nominal Rp100. Adapun, Energi Mega Persada akan menebitkan 14.479.050.978 atau 14,48 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp126.

Di samping itu, BRIS juga akan melakukan rights issue dalam memenuhi ketentuan minimal free float 7,5 persen dari sekarang pada rasio 4,4 persen. Seperti diketahui, BBRI dikabarkan melakukan rights issue untuk mendukung pembentukan holding BUMN dan pembiayaan ultra mikro.

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie Wijoyo Prasetio mengatakan rights issue memang termasuk dalam aksi korporasi yang umum dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan beragam.  

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top