Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Salah satu areal pertambangan PT Arutmin Indonesia.  - arutmin.com
Premium

Historia Bisnis: Wacana BNBR Lepas Saham Arutmin ke Lokal

07 Februari 2021 | 12:34 WIB
Pada medio 1997, PT Bakrie and Brothers Tbk, (BNBR) ramai dikabarkan ingin melepas sahamnya di sejumlah perusahaan tambang, termasuk salah satunya PT Arutmin Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang akhir tahun lalu, anak usaha PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) yakni PT Arutmin Indonesia menjadi salah satu korporasi yang cukup ramai dibahas oleh pelaku pasar.

Pasalnya, Arutmin menjadi salah satu perusahaan swasta yang akan terlibat dalam proyek gasifikasi batu bara nasional. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif pada Desember 2019,

Selain Arutmin, Arifin juga menyebutkan PT Kaltim Prima Coal juga akan turut mengembangkan proyek gasifikasi batu bara menjadi methanol.

Produk metanol yang dihasilkan nantinya dapat dikonversi menjadi DME sehingga optimalisasi produksi methanol menjadi DME ini dapat memenuhi kebutuhan substitusi LPG di dalam negeri.

Sebelumnya, Arutmin juga sempat meramaikan isu di pasar modal. Sebab, entitas anak dari BUMI tersebut harus rela dikurangi wilayah tambangnya hingga 40 persen dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) terbarunya oleh pemerintah.

Keputusan itu tertuang melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No. 221K/33/MEM/2020 tentang Izin Usaha Pertambangan Khusus Sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian Perpanjangan PT Arutmin Indonesia yang diterbitkan pada 2 November 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top