Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja menghitung timah batangan di salah satu pabrik di Kepulauan Bangka Belitung. Bisnis - Endang Muchtar
Premium

Harga Timah Melesat, Bagaimana Nasib TINS?

04 Februari 2021 | 16:49 WIB
Persediaan timah di gudang yang dipantau London Metal Exchange (LME) mendekati level terendahnya dalam lebih dari 30 tahun terakhir. Hal ini mengerek harga timah global, yang menjadi komoditas andalan produksi PT Timah Tbk. (TINS).

Bisnis.com, JAKARTA – Tren harga timah tengah menanjak dari akhir tahun lalu, meskipun sedikit mengalami koreksi di awal Februari.

Namun demikian, peluang kenaikan masih terbuka mengingat geliat industri China mulai kembali, sehingga menjadi sentimen pendukung timah menjadi logam kedua terpenting setelah nikel dalam produksi kendaraan listrik tenaga baterai.

Melansir Bloomberg, persediaan timah di gudang yang dipantau London Metal Exchange (LME) mendekati level terendahnya dalam lebih dari 30 tahun terakhir.

Hal itu mendorong harga spot timah di LME naik signifikan. Akibatnya, premi harga timah spot untuk harga timah kontrak tiga bulanan sempat berada di posisi terbesar sejak tahun 1990.

Tidak hanya itu, spread antara kedua harga itu telah meningkat secara dramatis dalam beberapa pekan terakhir, padahal spread sempat menipis pada awal Desember 2020. Fenomena tersebut dikenal pasar sebagai backwardation yang merupakan ciri khas dari kenanan suplai.

Adapun, pada penutupan perdagangan Rabu (3/2/2021) harga timah kontrak tiga bulanan di LME berada di posisi US$22.940 per ton, terkoreksi 0,22 persen dari hari sebelumnya. Namun demikian sepanjang tahun berjalan 2021, harga timah telah menguat sekitar 12,87 persen. Laju itu pun membuat harga timah sebagai kinerja logam dasar terbaik di LME secara year to date.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top