Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Produk PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. - Dok. Ultrajaya
Premium

Akankah Ekspansi Ultrajaya (ULTJ) Mampu Angkat Harga Sahamnya?

14 Desember 2020 | 13:16 WIB
PT Ultrajaya Milk Trading Industry Company Tbk. (ULTJ) menyiapkan berbagai rencana ekspansi untuk beberapa tahun ke depan untuk menopang kinerja. Mampukah ikut menjadi sentimen positif bagi harga sahamnya?

Bisnis.com, JAKARTA – PT Ultrajaya Milk Trading Industry Company Tbk. (ULTJ) memang mencatatkan kinerja cemerlang pada 9 bulan pertama 2020. Emiten perusahaan produsen susu dan minuman ringan tersebut mencatatkan laba bersih sebesar Rp973,71 miliar, alias naik 19,5 persen dari Rp814,31 miliar secara year-on-year (yoy).

Namun, di balik catatan positif tersebut, perusahaan bukannya bebas dari tekanan. Pendapatan ULTJ merosot 2,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tepatnya dari Rp4,58 triliun menjadi Rp4,45 triliun.

Kondisi itu lantas bikin perusahaan ketar-ketir. Terlebih, catatan tersebut kontras dibandingkan kinerja penjualan ULTJ pada semester I/2020, yang masih tercatat mengalami pertumbuhan pendapatan di kisaran 1,58 persen.

Tak ingin posisinya sebagai penguasa pangsa pasar terdesak, perusahaan pun mencoba bereaksi cepat. ULTJ memutuskan untuk menerbitkan Medium Term Notes (MTN) senilai Rp3 triliun.

MTN atau surat utang jangka menengah adalah jenis surat utang yang diterbitkan suatu perusahaan yang membutuhkan pembiayaan dalam jangka waktu 5-10 tahun, atau bisa pula hanya dalam masa 1 tahun.

Dalam kasus ULTJ, MTN dirilis dalam tiga kategori. Yakni Seri A dengan tenor 370 hari kalender, seri B dengan tenor 2 tahun, dan Seri C dengan tenor 3 tahun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top