Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto udara pabrik pengolahan nikel milik PT Aneka Tambang Tbk. di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (24/8/2020). ANTARA FOTO - Jojon
Premium

Prospek BUMN Tambang, Berharap Harga Komoditas Memanas

10 November 2020 | 06:37 WIB
Tiga korporasi BUMN Tambang, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), dan PT Timah Tbk. (TINS), optimistis kinerja meningkat pada akhir tahun.

Bisnis.com, JAKARTA -Tiga emiten BUMN pertambangan yang tergabung dalam MIND ID, yakni PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), dan PT Timah Tbk. (TINS) berharap terhadap pemulihan permintaan dan harga komoditas untuk dapat mengakselerasi kinerjanya di akhir tahun.

Untuk diketahui, dari ketiga emiten tersebut hanya ANTM yang berhasil membukukan pertumbuhan laba periode berjalan pada kuartal III/2020, yaitu naik hingga 30,29 persen secara year on year (yoy) menjadi sebesar Rp835,78 miliar.

Adapun, laba ANTM tetap tumbuh kendati pendapatan perseroan terkontraksi 26,55 persen yoy menjadi Rp18,03 triliun.

Sementara itu, PTBA mencatatkan penurunan laba sebesar 44,27 persen yoy menjadi Rp1,74 triliun pada kuartal III/2020 dan TINS tercatat masih membukukan rugi bersih Rp255,16 miliar per 30 September 2020.

Kedua emiten itu menjelaskan bahwa penurunan kinerja dipengaruhi oleh penurunan permintaan dan harga komoditas utama masing-masing perseroan seiring dengan tekanan akibat pandemi Covid-19.

Namun, Direktur Niaga Bukit Asam Adib Ubaidillah mengatakan bahwa memasuki kuartal akhir tahun ini pasar industri batu bara secara keseluruhan telah berangsur pulih tercermin dari membaiknya permintaan dan harga batu bara.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top