Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja menurunkan muatan kargo dari pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 143 setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Rabu (2/9/2020). - ANTARA FOTO/Ampelsa
Premium

Meneropong Masa Depan Garuda Indonesia (GIAA) Usai Pandemi

30 Oktober 2020 | 19:31 WIB
Sama seperti maskapai-maskapai lainnya, kinerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. jatuh setelah pandemi Covid-19. Bagaimana masa depan maskapai BUMN ini?

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. bakal melebarkan sayap bisnis dengan menggarap penerbangan kargo untuk ekspor makanan laut. Ini menjadi strategi terbaru maskapai pelat merah itu untuk tetap mampu terbang setelah dipukul pandemi Covid-19.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan pihaknya tengah mendorong perkembangan bisnis penerbangan kargo, termasuk untuk ekspor makanan laut. Terus bergeraknya pengiriman barang, terutama bahan pangan, selama pandemi menyadarkan dirinya bahwa ada pasar yang bisa digarap ketika jumlah penumpang masih belum bisa dikerek.

"Dari proporsi kargo dan penumpang, saat ini masih 20-an persen. Tapi, saya optimistis kalau ini kami seriusi, kami tekuni, mudah-mudahan proporsinya bisa sampai 30-an persen," papar Irfan seperti dilansir Antara, Jumat (30/10/2020).

Saat ini, GIAA memiliki dua rute penerbangan khusus kargo ke luar negeri, yakni Makassar-Singapura dan Manado-Narita, Jepang. Rute pertama terbang sekali sepekan, dengan rata-rata kargo 40 ton sekali terbang. Sementara itu, rute kedua yang juga diterbangi sekali sepekan mampu membawa sekitar 35 ton kargo. 

Selain ekspor, perseroan juga melayani 10 penerbangan domestik dalam sehari untuk layanan kargo. 

Saking prospektifnya, awal bulan ini, Garuda mendapat pinjaman sebesar Rp1 triliun dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk mendukung bisnis ekspor jasa. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top