Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan beraktivitas di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (6/10/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Premium

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf dan Morat-marit Pasar Modal

20 Oktober 2020 | 15:08 WIB
Kondisi pasar modal Indonesia selama satu tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin boleh diibaratkan sedang menaiki roller coaster. Berbagai sentimen mewarnai lantai bursa.

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi pasar modal Indonesia begitu dinamis selama masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang telah masuk usia satu tahun. Sejumlah gejolak pun mewarnai lantai bursa nasional di tengah meningkatnya ketidakpastian domestik maupun luar negeri.

Berbeda dengan pelantikan Presiden Jokowi jilid pertama, efek kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla melawan Prabowo Subianto - saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa- pada jilid pertama begitu terasa. Total, ada kenaikan level IHSG sebesar 600 poin atau 12,2 persen sepanjang periode 14 Oktober 2014 hingga 7 April 2015.

Pada masa jabatan Jokowi-Ma’aruf Amin, kondisinya sedikit berbeda karena adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China dan pemotongan pajak korporasi di AS. Selain itu ada pula sentimen ketidakpastian keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau (Brexit), dan sentimen global lainnya.

Meski begitu, pascapelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pada Senin (21/10/2019) langsung dibuka menguat ke level 6.210,75 atau naik 18,8 poin. Dengan kata lain, pelantikan Presiden Jokowi menjadi katalis positif IHSG kala itu.

Namun, euforia itu harus berakhir dalam beberapa bulan kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin. Belum juga selesai sentimen dari perang dagang AS-China, sentimen negatif kembali memukul dengan adanya pandemi virus corona atau Covid-19. Saat itulah, IHSG merosot tajam hingga menyentuh level terendah dalam sejarah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top