Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kantor Japfa Comfeed - Ilustrasi/shareinv.com
Premium

Banyak Aksi di Tengah Pandemi, Bagaimana Prospek Saham Japfa Comfeed (JPFA)?

16 Oktober 2020 | 06:00 WIB
Pandemi tidak menyutukan langkah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. untuk mengembangkan usaha. Mulai dari akuisisi hingga pembentukan perusahaan patungan menjadi salah dua dari ekspansi yang dilakukan emiten bersandi saham JPFA ini. Bagaimana prospek sahamnya ke depan?

Bisnis.com,JAKARTA — Pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan ekspansi emiten perunggasan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA). Alih-alih mengendur, Japfa malah banyak melakukan manuver dalam menggenjot lini usaha.

Teranyar, Japfa lewat anak usahanya mendirikan perusahaan patungan atau joint venture (JV) dengan perusahaan asal Belanda, Hendrix Genetics akuakultur BV (HGA). Anak usaha Japfa, PT Suri Tani Pemuka (STP) akan berkongsi dengan HGA dalam pendirian pusat pembiakan udang di Indonesia. 

Sekretaris Perusahaan Japfa Comfeed Indonesia Maya Pradjono menyatakan kepemilikan STP akan sebesar 49 persen di dalam JV.

Maya menuturkan modal awal untuk perusahaan patungan itu senilai Rp20 miliar. Dengan porsi 49 persen, STP akan merogoh dana sekitar Rp9,8 miliar sementara HGA dengan kepemilikan 51 persen Rp10,2 miliar.

STP akan membangun dan memiliki pusat pembiakan induk atau broodstock multiplication centre (BMC) udang di Indonesia senilai Rpp33,5 miliar atau US$2,3 juta untuk disewakan kepada perusahaan patungan selama 10 tahun pertama. 

Untuk diketahui, STP bukan pemain baru di produk pakan dan kini mengoperasikan lima pabrik tersebar di seluruh Indonesia. Perseroan telah memproduksi berbagai pakan untuk ikan air tawar, air payau, ikan laut, dan udang sejak 1992.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top