Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi air minum dalam kemasan. - Bloomberg
Premium

Historia Bisnis : Impian HM Sampoerna (HMSP) Menyelami Bisnis Air Minum Kemasan

20 September 2020 | 13:33 WIB
PT HM Sampoerna Tbk. ternyata pernah memiliki bisnis air minum dalam kemasan. Bagaimana kisahnya?

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah perjalanan panjang PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) menjadi produsen rokok papan atas, tak banyak yang tahu perusahaan tersebut sempat merangkai mimpi untuk menguasai bisnis air minum dalam kemasan alias AMDK. Pada awal 1990-an, jarak mimpi itu dengan kenyataan bahkan tampak amat dekat.

Sebagaimana diwartakan harian Bisnis Indonesia edisi 19 September 1990, HMSP memulai langkah masuk ke segmen air minum kemasan dengan pencaplokan saham PT Santa Rosa Indonesia, perusahaan yang menaungi merek air minum kemasan Oasis.

Tidak disebutkan berapa nominal saham yang diakuisisi. Presiden Direktur HMSP Putra Sampoerna hanya mengatakan bahwa minat terjun ke dalam bisnis air minum merupakan hasil dari survei pasar dan pengujian produk yang dilakukan HMSP selama 2 tahun.

“Ini akan memberikan dorongan yang diperlukan bagi peluncuran yang agresif ke bisnis minuman di Indonesia.”

John Meeks, eksekutif lain yang kala itu juga merupakan bagian dari HMSP, pun mengatakan hal yang sama persis. Dia menambahkan Oasis dipilih karena penilaian tentang prospek penerapan teknologi penyulingan di perusahaan tersebut.

Meeks mengklaim di AS tengah marak teknologi baru dengan standar kualitas mumpuni. Teknologi ini, kata dia, belum ada di Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top