Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto ilustrasi kepala Fidelity Magellan Fund, Peter Lynch dan Bursa Efek Indonesia - Bloomberg/Michael Springer dan ANTARA/Muhammad Adimaja
Premium

Daftar Lengkap Saham Murah BEI dengan Rasio PEGY Terendah

18 Agustus 2020 | 07:00 WIB
Peter Lynch, Kepala Manajer Investsi di Fidelity Magellan Fund, memperkenalkan rasio price/earning to growth and dividend yield (PEGY) yang dapat digunakan investor untuk menentukan murah mahalnya sebuah saham. Bagaimana jika diterapkan di Bursa Efek Indonesia?

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir pekan lalu ditutup naik tipis 0,16 persen ke level 5.247, berbarengan dengan rangkaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020, termasuk pidato Nota Keuangan RAPBN 2021.

Pada pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah asumsi makro 2021 yang ditetapkan pemerintah, yaitu sasaran pertumbuhan ekonomi 4,5 persen hingga 5,5 persen, inflasi sebesar 3 persen, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang dipatok Rp14.600.

Selain itu, suku bunga SBN 10 tahun diperkirakan sekitar 7,29%, harga minyak mentah Indonesia berkisar US$45 per barel, dan defisit anggaran yang direncanakan sekitar 5,5% dari PDB atau sebesar Rp971,2 triliun.

Melihat pasar yang tidak terlalu merespons asumsi-asumsi optimistis tersebut, maka bisa dikatakan gambaran perekonomian yang ditargetkan pemerintah cukup masuk akal serta sesuai dengan proyeksi atau pertimbangan pelaku pasar.

“Tampaknya, asumsi ekonomi yang disampaikan sudah price-in atau sesuai harapan pasar. Terlihat adanya harapan pemulihan ekonomi pada 2021 dari asumsi data makro dalam pidato Presiden,” kata Hans Kwee, Direktur PT Anugrah Mega Investama, Senin (17/8/2020).

Sementara itu, kabar terburuk dari perekonomian juga sudah disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) saat melaporkan laju ekonomi kuartal II/2020 yang terkontraksi 5,32% secara year-on-year (yoy).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top