Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Thayeb Mohammad Gobel.  - Istimewa.
Premium

Hikayat Thayeb Gobel dan Mimpi Soekarno

18 Agustus 2020 | 18:11 WIB
Berawal dari pinjaman sebesar Rp5 juta, Thayeb Gobel merintis perusahaannya yang kelak menjadi raksasa elektronik di Indonesia yakni PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) dan Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

Bisnis.com, JAKARTA – Thayeb Mohammad Gobel boleh dibilang salah satu inisiator terjalinnya hubungan baik perdagangan bilateral Indonesia-Jepang selama ini. Tak heran jika Jepang kini menjadi mitra dagang tradisional bagi Indonesia.

Hal itu setidaknya tercermin dari masih terus berkembangnya bisnis, PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) dan Panasonic Gobel Indonesia (PGI) di Indonesia

Presiden Komisaris PMI dan PGI Rachmat Gobel mengatakan perusahaan telah mengalami berbagai pasang surut. Sementara itu, pencapaian saat ini—menurutnya—tak bisa dilepaskan dari satu sosok: Thayeb Mohammad Gobel.

Thayeb, yang juga bapak kandung Rachmat, merupakan pencetus embrio yang melahirkan PGI dan PMI.

“Integritas tinggi dari bapak dalam membangun industri di Indonesia rupanya tertanam kepada para karyawan, sehingga dalam perjalannya mampu menjadi pelopor industri elektronik dan menjadikan perusahaan sebagai aset bangsa yang berharga,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Minggu (17/8/2020).

Sebagaimana dinukil Ramadhan KH dalam Gobel: Pelopor Industri Elektronika Indonesia Dengan Falsafah Usaha Pohon Pisang (1994), Thayeb memprakarsai berdirinya Panasonic Indonesia lewat sebuah pabrik radio bernama PT Transistor Radio Manufacturing Co pada 1954.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top