Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja mengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Muara Sabak Barat, Tajungjabung Timur, Jambi, Jumat (10/7/2020). - Antara / Wahdi Septiawan.
Premium

HUT Ke-75 RI, Target 20.000 Barel Biosolar (D100) Presiden Jokowi & Prospek Emiten Sawit

14 Agustus 2020 | 16:32 WIB
Presiden Joko Widodo menyebutkan PT Pertamina (persero) akan menyerap paling sedikit 1 juta ton minyak sawit untuk diolah menjadi bio solar (D100).

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyebutkan dalam waktu dekat Pertamina akan menyerap paling sedikit 1 juta juta  ton minyak sawit untuk diubah menjadi bio solar (D100).

Kepastian kemampuan Pertamina menyerap minyak sawit masyarakat itu seiring telah berhasilnya dalam skala uji coba produksi solar dari sawit atau D100 itu di kilang Dumai, Riau. Produksi juga telah didukung dengan katalis merah putih yang dibuat di dalam negeri.

“Upaya besar juga telah dan sedang dilakukan untuk membangun kemandirian energi. Tahun 2019, kita sudah berhasil memproduksi dan menggunakan B20. [Pada] tahun ini kita mulai dengan B30, sehingga kita mampu menekan nilai impor minyak kita di tahun 2019,” katanya, Jumat (14/8/2020).

Dia menerangkan PT Pertamina (Persero) telah bekerja sama dengan para peneliti telah berhasil menciptakan katalis untuk pembuatan D100, yaitu bahan bakar diesel yang 100 persen dibuat dari minyak kelapa sawit.

Jokowi menyatakan uji coba ini tengah dilakukan di dua kilang minyak milik perseroan. Nantinya, produksi ini akan menyerap sekurang-kurangnya 1 juta ton sawit produksi petani dan menghasilkan produksi 20.000 barel per hari.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top