Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Premium

75 Tahun Indonesia : Pantang Kendor Telkom (TLKM) Hadapi Lawan Belia

05 Agustus 2020 | 16:51 WIB
Makin ketatnya persaingan di sektor telekomunikasi membuat PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. harus pintar berstrategi. Bisnis digital jadi celah untuk tetap relevan.

Bisnis.com, JAKARTA — Pada akhir Mei 2020, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. mengungkapkan ambisinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital terbaik di Indonesia. Komitmen tersebut kemudian ditunjukkan dengan sejumlah strategi demi memenangkan persaingan pasar.

Sekitar sebulan berselang, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2019, BUMN telekomunikasi ini menarik M. Fajrin Rasyid sebagai Direktur Bisnis Digital. Langkah ini cukup mengejutkan banyak pihak.

Fajrin dikenal sebagai salah satu pendiri sekaligus bos platform dagang-el Bukalapak. Bersama pendiri lain, Achmad Zaky, mereka berdua kemudian mengantarkan Bukalapak menjadi salah satu unikorn Indonesia.

“Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir mengomentari penunjukan tersebut, Jumat (19/6/2020).

Dia menegaskan sebagai salah satu BUMN besar, Telkom harus mengubah dan memperkuat strategi bisnisnya di tengah tantangan yang makin besar, terutama di era pascapandemi Covid-19.

Tuntutan untuk memperkuat strategi bisnis tampaknya turut direalisasikan dengan membuka blokir terhadap Netflix, platform Video-on-Demand (VoD) asal AS. Seperti diketahui, tak sampai sebulan sejak Netflix masuk ke pasar Indonesia pada Januari 2016, pengguna Telkom dan anak usahanya tak bisa mengakses layanan streaming tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top