Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Peringatan pernikahan ke/25 Soedarpo/Mien pada 28 Maret 1972. (Dari kiri Soedarpo, Moh. Hatta, Rahmi Hatta, Mien Soedarpo)
Premium

Soedarpo Sastrosatomo, Raja Kapal Samudera Indonesia Pendiri Bank Niaga

06 Juni 2020 | 20:30 WIB
Soekarno, saat bertemu dengan Soedarpo Sastrosatomo dalam resepsi pernikahan Sukmawati, spontan menyapa dengan leluconnya yang khas, “hai kapitalis, wis sugih durung kowe.”

Bisnis.com, JAKARTA — Soedarpo Sastrosatomo. raja kapal berbendera Samudera Indonesia, yang pernah merintis industri asuransi di Indonesia dan mendirikan Bank Niaga, itu sejatinya juga pelopor industri teknologi informasi di Tanah Air sebagai penyalur komputer Univac pada 1958.

Jalan hidupnya penuh warna, baik sebagai nasionalis maupun diplomat dalam rentang masa revolusi, Orde Lama, dan Orde Baru. Sebagai pebisnis, usahanya beragam, dari mulai distributor alat-alat kantor, pelayaram, teknologi  informasi hingga farmasi.

Beragam rumah tahanan pun sudah sempat dicicipinya saat masa-masa perjuangan maupun ketika mengelola usahanya.

Pada 1943, saat Soedarpo Sastrosatomo bersekolah di Ika Daigaku atau Sekolah Tinggi Kedokteran (sekarang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) bersama Soedjatmoko dan Petit Muharto, mahasiswa rajin mengadakan aksi untuk menentang keras tindakan semena-mena Jepang.

Hingga akhirnya, dalam sebuah insiden baris berbaris pada Desember 1943, 15 orang mahasiswa, termasuk Soedarpo, ditangkap Kempetai—satuan militer Jepang yang mirip-mirip Gestapo-nya Jerman—dan di bawa ke markas Kempetai di Jalan Medan Merdeka Barat.

Tiga minggu ditahan dan disiksa Jepang, para mahasiswa itu dibebaskan sekaligus dikeluarkan dari Ika Daigaku, termasuk Soedarpo dan Soedjatmoko. Ke-15 mahasiswa itu kemudian menyebar agar tidak ditangkap Jepang lagi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top