Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham, yang diupdate dengan komentar terbaru Jason Zweig (2003), menjadikan Chicago Bulls dan Michael Jordan sebagai perumpamaan yang menarik mengenai valuasi atau nilai dari sebuah investasi. - Ilustrasi/Petricia C. Pratiwi
Premium

The Last ‘Michael Jordan’ Dance dan Valuasi Saham

29 Mei 2020 | 18:30 WIB
Pada buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham, yang diupdate dengan komentar terbaru Jason Zweig (2003), Chicago Bulls dan Michael Jordan dijadikan sebagai perumpamaan yang menarik mengenai valuasi atau nilai dari sebuah investasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Legenda bola basket dunia Michael Jordan memberikan prestasi dan keuntungan luar biasa bagi klub Chicago Bulls. Namun, rupanya sang legenda divaluasi cukup murah untuk mendatangkan semua itu.

Serial dokumenter The Last Dance yang tayang di Netflix dan ESPN membawa penonton kembali ke era kejayaan Chicago Bulls di era 90-an. Sebanyak enam cincin juara berhasil dipersembahkan oleh Jordan, terakhir pada 1998.

Pada musim 1997/1998 atau musim terakhirnya di Bulls, Jordan digaji sebesar US$33,14 juta per tahun. Dengan pertimbangan inflasi, angka itu diperkirakan setara dengan US$52,95 juta saat ini.

Berkat performa itu, Bulls menjadi klub dengan laba tertinggi di NBA. Dalam buku American Sports Empire: How The League Breed Success (2003), Frank P. Jozsa menuliskan bahwa Bulls menjadi satu-satunya klub dengan laba usaha positif pada tahun itu, yakni sebesar US$20,4 juta.

Dalam buku The Intelligent Investor karya Benjamin Graham, yang diupdate dengan komentar terbaru Jason Zweig (2003), Chicago Bulls dan Michael Jordan dijadikan sebagai perumpamaan yang menarik mengenai valuasi atau nilai dari sebuah investasi.

Dalam komentarnya terhadap buku yang ditulis tokoh investasi Benjamin Graham tersebut, Zweig menyatakan Jordan mungkin adalah pemain terbesar sepanjang masa yang divaluasi ‘murah’.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top