Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Tampilan situs PT Hanson International Tbk.
Premium

Cucu Hanson International (MYRX) Punya Perjanjian Eksklusif Rp1,8 triliun dengan Hutama Karya

14 Mei 2020 | 08:00 WIB
Perjanjian eksklusif jual beli lahan antara PT Hanson International Tbk. (MYRX) dan PT Hutama karya di Kecamatan Maja, Lebak, Banten, seluas kurang lebih 600 hektare dengan harga Rp300.000 per meter persegi itu diteken pada 18 Desember 2019 silam.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hanson International Tbk. (MYRX), melalui salah satu entitas cucunya, PT Harvest Time, ternyata pernah meneken perjanjian eksklusif jual beli lahan senilai Rp1,8 triliun dengan PT Hutama Karya (Persero).

Berdasarkan laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu (13/5/2020), MYRX menyebut perjanjian eksklusif jual beli lahan di Kecamatan Maja, Lebak, Banten, seluas kurang lebih 600 hektare dengan harga Rp300.000 per meter persegi itu diteken pada 18 Desember 2019.

Perseroan mengakui harga tanah yang dijual itu lebih murah sekitar 45 persen dari valuasi tanah yang dilakukan oleh penilai independen, KJPP Pung’s Zulkarnain dan Rekan pada laporan 3 Oktober 2019 yang menyebut nilai tanah di Maja milik Harvest Time adalah Rp540.000 per meter persegi.

“Perseroan berharap dengan adanya perjanjian ini, yang tentunya akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak, maka going concern perusahaan tetap ada dan sekaligus bisa mengurangi jumlah kewajiban perseroan kepada kreditur,” ungkap Hartono Santoso, Direktur MYRX, dalam laporan keterbukaan di BEI, Rabu (13/5/2020) malam.

Sesaat setelah perjanjian diteken, perseroan menyatakan Harvest Time telah menyerahkan 25,5 hektare lahan kepada Hutama Karya dan menerima pembayaran sebesar Rp50 miliar.

Berdasarkan Bab III Lampiran Peraturan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) No. 5/2011 tentang Pedoman Pasal 15 (Perjanjian Tertutup) UU No. 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, perjanjian tertutup atau exclusive agreement adalah perjanjian antara pelaku usaha selaku pembeli dan penjual untuk melakukan kesepakatan secara eksklusif yang dapat berakibat menghalangi atau menghambat pelaku usaha lain untuk melakukan kesepakatan yang sama.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top