Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sejumlah pengunjung melihat barang-barang yang dijual dengan harga diskon di sebuah pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019). Jelang libur Natal dan Tahun Baru, pusat perbelanjaan menawarkan barang- barang dengan harga diskon untuk menarik minat pembeli dan salah satu cara agar target penjualan tercapai pada akhir tahun. - ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Premium

Konsumen Pesimistis, Emiten Sektor Konsumer Bakal Meringis?

13 Mei 2020 | 14:54 WIB
Konsumen pesimistis merupakan kondisi yang langka karena terakhir terjadi pada 2015

Bisnis.com, JAKARTA— Emiten di sektor konsumer menguji ketahanannya di tengah pesimisme konsumen.

Survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2020 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi melemah cukup dalam dari bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2020 sebesar 84,8, turun drastis dibandingkan dengan 113,8 pada Maret 2020.

"Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini," katanya.

Adapun, level ini merupakan penurunan terdalam selama 12 tahun terakhir. Adapun, kondisi konsumen yang pesimistis merupakan kondisi yang sama seperti pada 2015.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Hariyanto Wijaya mengatakan memburuknya keyakinan konsumen berasal dari penurunan pendapatan dan ketersediaan pekerjaan yang buruk saat pandemi virus corona.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top