Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Semen - Bisnis.com
Premium

Emiten Semen Masih Harus Kencangkan Ikat Pinggang

06 November 2019 | 11:12 WIB
Emiten semen tampaknya harus memperkencang ikat pinggang dan meracik strategi jitu untuk mencari celah pertumbuhan di tengah industri yang masih penuh tekanan. Bagaimana prospeknya?

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten semen masih harus memperkencang ikat pinggang dan meracik strategi jitu untuk mencari celah pertumbuhan di tengah industri yang masih penuh tekanan.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis dari laporan keuangan masing-masing produsen semen, seluruh emiten memang mencatatkan peningkatan penjualan. Namun demikian, dari sisi laba masih belum seluruhnya memuaskan.

Adapun, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan pertumbuhan penjualan paling tinggi, yakni sebesar 31,07% secara year-on-year (yoy), dari Rp21,45 triliun menjadi Rp28,12 triliun.

Dari sisi laba bersih, emiten dengan kode SMGR tersebut membukukan penurunan sebesar 37,96%.

Selain SMGR, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. juga mengalami koreksi laba bersih sebesar 44,42% yoy dari Rp40,88 miliar menjadi Rp22,72 miliar.

Torehan laba bersih yang baik dicatatkan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. dengan kenaikan sebesar 90,35% secara yoy dari Rp617,7 miliar menjadi Rp1,17 triliun, sedangkan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. berhasil berbalik laba senilai Rp134,12 miliar dari rugi bersih Rp630,36 miliar pada akhir September tahun lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top