Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Holcim Indonesia (SMCB) Kantongi Pinjaman 40 Juta Euro dari Holderfin B.V.

PT Holcim Indonesia Tbk. menerima pinjaman 40 juta euro untuk kebutuhan operasional dari Holderfin B.V. yang telah ditandatangani keduanya pada 27 Desember 2018.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 01 Januari 2019  |  19:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— PT Holcim Indonesia Tbk. menerima pinjaman 40 juta euro untuk kebutuhan operasional dari Holderfin B.V. yang telah ditandatangani keduanya pada 27 Desember 2018.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Holcim Indonesia melaporkan bahwa transaksi tersebut merupakan transaksi afiliasi. Pasalnya, pemberi pinjaman, Holderfin B.V., merupakan pemegang saham pengendali perseroan.

Direksi perseroan menuturkan akan menggunakan dana 40 juta euro yang dipinjam untuk kebutuhan operasional secara umum. Penarikan maksimal dilakukan 10 hari sejak penandatanganan perjanjian pinjaman.

Emiten berkode saham SMCB itu akan membayar pinjaman dengan ketentuan 100% dibayarkan pada saat jatuh tempo atau 2 tahun setelah penarikan. Adapun, bunga yang dikenakan pada 3,37% di atas Euro Interbank Offered Rate atau Euribor.

Lebih lanjut, Manajemen SMCB menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari pinjaman tersebut yakni menarik tambahan pendanaan jangka panjang dari pemegang saham utama. Dengan demikian, dana segar itu diharapkan dapat meningkatkan posisi likuiditas dalam jangka menengah hingga panjang serta mengambil keuntungan dari suku bunga yang lebih rendah.

“Pinjaman ini akan digunakan untuk tujuan operasional yang sedang berlangsung, pendanaan modal kerja, dan untuk berinvestasi dalam belanja modal yang akan digunakan untuk menghasilkan keuntungan tambahan pada tahun-tahun mendatang,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Selasa (1/1).

Adapun, perseroan mengklaim dampak utama dari pembiayaan baru terhadap posisi keuangan yakni memperkuat neraca dengan menyediakan likuiditas untuk jangka menengah hingga panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten holcim indonesia
Editor : Ana Noviani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top