Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor LNG China Melonjak 53%

Impor gas alam cair China melonjak 53% atau rekor tertinggi yang pernah ada karena tingginya permintaan bahan bakar di tengah musim dingin dan dorongan pemerintah untuk mengurangi penggunaan batu bara.
Yuan/Bloomberg
Yuan/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Impor gas alam cair China melonjak 53% atau rekor tertinggi yang pernah ada karena tingginya permintaan bahan bakar di tengah musim dingin dan dorongan pemerintah untuk mengurangi penggunaan batu bara.

Pada penutupan perdagangan Jumat (22/12/2017), harga gas alam Nymex kontrak Januari 2018 naik 2,66% menjadi US$2,67 per MMBTu.

Akhir pekan lal, Biro Administrasi Umum Bea Cukai China menyebutkan impor LNG pada November 2017 melonjak 53% dari bulan sebelumnya menjadi 4,06 juta ton. Adapun pengiriman dalam 11 bulan pertama 2017 naik 48,4%. Sementara itu, impor pipa gas naik 27,4% menjadi 2,5 juta ton.

"Operator terminal telah memaksimalkan kapasitas mereka untuk mengimpor sebanyak mereka bisa," tutur analis SCI International Liu Guangbin, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (25/12/2017).

China sebagai pengguna energi terbesar di dunia menghadapi krisis pasokan dapam musim dingin di tengah upaya Presiden Xi Jinping menyatakan perang terhadap polusi asap. Oleh karena itu, negara memutuskan memangkas penggunaan batu bara dan beralih ke gas alam.

National Development & Reform Commission (NDRC) sebagai perencana ekonomi utama China menyatakan China National Petroleum Corp. dan China National Offshore Oil Corp. harus mempercepat impor LNG untuk memenuhi permintaan musim dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Fajar Sidik
Sumber : bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper