Bursa Jerman Pulih, Indeks Stoxx Ditutup Menguat

Bursa saham Eropa pulih dengan cepat dari pelemahan di awal perdagangan dan ditutup menguat pada hari Selasa (21/11/2017), karena kepercayaan akan kekuatan fundamental ekonomi Eropa.
Aprianto Cahyo Nugroho | 22 November 2017 05:57 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa pulih dengan cepat dari pelemahan di awal perdagangan dan ditutup menguat pada hari Selasa (21/11/2017), karena kepercayaan akan kekuatan fundamental ekonomi Eropa.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,44% atau 1,71 poin ke level 388,10 setelah bergerak pada kisaran 385,13-388,95.

Indeks DAX Jerman menguat 0,8% setelah Kanselir Angela Merkel mengatakan bahwa dia lebih memilih adanya pemilihan ulang setelah kegagalan perundingan untuk membentuk koalisi tiga arah.

"Pasar keuangan tidak terlalu bereaksi terlalu banyak," kata Paul Donovan, kepala ekonom di UBS Wealth Management, seperti dikutip Reuters.

Ia menambahkan, pemilihan cepat bukanlah pilihan yang paling mungkin terjadi karena itu akan menjadi proses yang panjang.

Dua rekan veteran Merkel mengajukan banding ke partai-partai Jerman pada hari Selasa untuk berkompromi agar membentuk pemerintahan yang stabil yang dapat membawa negara dengan ekonomi terbesar di Eropa tersebut keluar dari jalan buntu politik.

Di antara saham-saham yang diperdagangkan, saham Volkswagen termasuk di antara top gainer Jerman dan menguat 3%. Produsen mobil tersebut memperpanjang kenaikan setelah menaikkan prospek jangka menengahnya pada hari Senin.

Saham ProSiebenSat.1 naik 1,5% setelah JP Morgan menaikkan target harga menjadi 45 euro di tengah berlanjutnya spekulasi bahwa perusahaan media Jerman ini dapat menjadi target akuisisi.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top