Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Peningkatan Saham LPPF di MatahariMall.com Masih Terbatas

Bisnis.com, JAKARTAAnalis menilai aksi PT Matahari Departement Store Tbk. menambah kepemilikan saham di MatahariMall.com belum akan memberi dampak besar bagi pendapatan perseroan.
Matahari Department Store
Matahari Department Store

Bisnis.com,JAKARTA - Analis menilai aksi PT Matahari Departement Store Tbk. menambah kepemilikan saham di MatahariMall.com belum akan memberi dampak besar bagi pendapatan perseroan.

Analis Mandiri Sekuritas Matthew Wibowo memandang aksi Matahari Departement Store (LPPF) menambah kepemilikan saham atas MatahariMall.com yakni untuk mendapatkan percepatan pertumbuhan di sektor e-commerce. Dari aksi ini, lanjut Matthew, bakal digelar sinergi untuk meningkatkan cuan dari segmen e-commerce.

“Meskipun demikian, MatahariMall.com masih dalam tahap awal pengembangan, sehingga kami memprediksi belum ada kontribusi pendapatan dulu,” jelas Matthew dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/1/2016).

Matthew menambahkan sinergi yang dimaksud yakni melalui konsep online to offline (O2O) di mana MatahariMall.com didorong untuk menggunakan toko milik Matahari Departemen Store dan PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA). Apalagi, kata Matthew, MPPA masih memiliki opsi meningkatkan kepemilikan hingga 5% dari posisi 2% pada saat ini.

Adapun, LPPF telah menambah kepemilikan saham atas PT Global Ecommerce Indonesia, salah satu pemilik MatahariMall.com, melihat peluang e-commerce yang dinilai signifikan bagi bisnis perseroan.  Setelah aksi tersebut digelar, kini Matahari Departemen Store memiliki 10,33% saham Global Ecommerce Indonesia.

Corporate Secretary & Legal Director Matahari Departemen Store Miranti Hadisusilo mengatakan penambahan kepemilikan saham tersebut merupakan eksekusi dari perjanjian hak opsi pada 14 Agustus 2015. Perjanjian tersebut menerakan LPPF akan mengambil sejumlah lembar saham opsi Global Ecommerce Indonesia (GEI) dengan harga Rp12.065 per lembar saham.

Merealisasikan perjanjian itu, pada 30 Desember 2015, LPPF telah membeli saham opsi GEI sebanyak 4,4 juta lembar saham. Akibatnya, perseroan tercatat memiliki 5,16% saham GEI.

Kemudian, Matahari Departement Store kembali membeli 7,86 juta saham GEI dengan harga Rp12.065 per lembar saham atau setara Rp94,8 miliar. Dengan aksi ini, LPPF tercatat memiliki 10,33% atau setara 14,9 juta saham GEI per 22 Januari 2016.

“Perseroan percaya bahwa investasi dalam GEI dan kemitraan dengan MatahariMall bersamaan dengan peluang baru untuk mengembangkan komponen e-commerce O2O, akan mendorong kenaikan penjualan yang signifikan di masa depan dan meningkatkan laba perseroan,” tulis Miranti dalam keterbukaan informasinya, Jumat (22/1/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper