Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Timah Siap Tampung Hasil Tambang Rakyat

PT Timah (Persero) Tbk siap menampung bijih timah penambangan rakyat guna mencegah ilegal mining di daerah itu yang cukup tinggi.
PT Timah.JIBI
PT Timah.JIBI

Bisnis.com, PANGKALPINANG - PT Timah (Persero) Tbk siap menampung bijih timah penambangan rakyat guna mencegah "ilegal mining" di daerah itu yang cukup tinggi.

"Kami siap membeli bijih timah rakyat apabila penambang sudah memenuhi persyaratan penambangan yang telah ditetapkan," kata Sekretaris Perusahaan PT Timah (Persero) Tbk Agung Nugroho di Pangkalpinang, Kamis (9/7/2015).

Selama ini, kata dia, pihaknya belum bisa menampung bijih timah rakyat, karena mereka belum memiliki alat keselamatan tambang yang ramah lingkungan.

"Walaupun penambangan timah itu beroperasi di kawasan izin usaha penambangan (IUP) PT Timah, tetapi kami tidak bisa menampung hasil tambang rakyat yang tidak dilakukan secara benar sesuai aturan berlaku," ujarnya.

Menurut dia, ilegal mining yang marak terjadi karena penambang belum memiliki peralatan tambang belum dianggap legal, sehingga potensi tingkat kecelakaan kerja dan kerusakan lingkungan cukup tinggi.

"Selama ini alat keselamatan tambang rakyat belum ada dan belum diakui kelegalannya, sehingga kami belum bisa menampung bijih timah rakyat tersebut," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terus mendorong penambang memiliki alat keselamatan yang ramah lingkungan tersebut, agar mereka mudah menjual bijih timahnya.

"Sejak 2012, kami sudah menyosialisasikan alat keselamatan berbasis lingkungan ini, agar penambang bisa menggunakan peralatan yang memadai demi keselamatan dan mencegah kerusakan lingkungan di kawasan penambangan tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper