Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Dunia dan Regional Memerah, IHSG di Kisaran 5.078-5.141

Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (16/12/2014), bergerak di kisaran 5.078-5.141.
 Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com
Bursa Efek Indonesia/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Henan Putihrai Analytics memprediksikan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (16/12/2014), bergerak di kisaran 5.078-5.141.

Bursa Asia (Nikkei -1,60%, Hangseng –0,95%)

Pergerakan bursa AS yang melemah, penguatan nilai tukar mata uang JPY terhadap USD dan minimnya volume perdagangan memicu penurunan indeks Nikkei Jepang pada pembukaan perdagangan pagi ini. Indeks Nikkei kembali berada di bawah level 17K untuk pertama kalinya sejak pertengahan November.

Bursa AS (DJIA –0,58%, S&P500 –0,63%, Nasdaq –1,04%)

Bursa AS mengakhiri perdagangan yang volatile dengan ditutup melemah, seiring pelemahan harga minyak yang terus mengikis keyakinan investor. Bursa awalnya dibuka menguat dipicu oleh harga minyak yang rebound, namun kemudian bergerak ke zona merah tertekan oleh harga minyak yang menurun. Selain itu, beberapa data ekonomi AS yang dirilis mixed membuat investor lebih memilih mengambil sikap berhati-hati.

Bursa Eropa (Stoxx 600 –2,19%, DAX –2,72%, CAC 40 –2,52%)

Indeks acuan utama bursa Eropa ditutup melemah tertekan saham-saham sektor energi yang mengikuti pergerakan harga minyak. Dari Rusia, mata uang Rubel terus melemah setelah adanya berita bahwa AS tengah mempersiapkan sanksi ekonomi baru terhadap Rusia atas kejadian krisis di Ukraina. Bank Sentral Rusia kemarin kembali menaikkan suku bunga sebanyak 650 bps, setelah hari Kamis pekan lalu telah melakukan kenaikan sebanyak 100 bps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper