Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor timah diusulkan satu pintu

 
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 September 2011  |  17:55 WIB

 

JAKARTA: PT Timah (Persero) Tbk mengusulkan ekspor timah dilakukan melalui satu pintu agar terjadi keseimbangan pasokan dan permintaan di pasar komoditas itu.
 
Direktur Utama PT Timah Wachid Usman mengatakan meski baru sebatas wacana, perseroan sebagai produsen timah terbesar dan sebagai BUMN siap menjadi eksportir tunggal timah asal ada dukungan seluruh pihak. 
 
”Kita harus usahakan agar penjualan timah dari Indonesia ini melalui satu pintu. PT Timah siap jadi leader. Mudah-mudahan dapat dukungan dari pemerintah pusat, pemda, termasuk Mendag dan Menteri ESDM,” ujarnya di sela-sela acara Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-66 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), hari ini. 
 
Menurut Wachid, saat ini yang terjadi adalah siapa pun yang memiliki stok komoditas itu, bisa menjualnya kapan pun secara bebas di pasar. 
 
Hal ini tidak bisa dibiarkan karena jika orang bisa menjual timah secara bebas, justru bisa menguntungkan negara lain. Menurutnya, peraturan eskpor timah melalui satu pintu ini perlu diatur secara lebih serius, kalau perlu menggunakan Peraturan Presiden. 
 
Indonesia diketahui mengekspor timah rata-rata sebanyak 100.000 ton per tahun, dengan 40.000 ton-50.000 ton di antaranya berasal dari PT Timah yang menggunakan brand yang sudah dikenal London Metal Exchange (LME) seperti Banka, Mentok, Kundur dan Koba. 
 
Sementara itu, 50.000 ton sisanya adalah non-brand, yang dijual oleh produsen lainnya ke negara lain untuk kemudian diekspor lagi oleh negara itu. (arh)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top