Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah evaluasi mendalam IPO BUMN

JAKARTA: Kementerian BUMN mengakui perlunya evaluasi mendalam atas pelaksanaan pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) perusahaan BUMN.Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan sejauh ini pelaksanaan IPO perusahaan BUMN sudah sesuai dengan

JAKARTA: Kementerian BUMN mengakui perlunya evaluasi mendalam atas pelaksanaan pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) perusahaan BUMN.Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan sejauh ini pelaksanaan IPO perusahaan BUMN sudah sesuai dengan aturan yang ada, namun evaluasi mendalam tetap diperlukan terhadap aksi korporasi tersebut.Dia mengimbau agar para penjamin pelaksana emisi (underwriter) harus bekerja lebih keras dan cermat dalam menangani pelaksanaan aksi korporasi itu dan harus siap menghadapi resiko tidak terserap maksimalnya saham oleh publik. "Memang masih sangat perlu untuk melakukan evaluasi baik dari sistem mekanismenya maupun prosedur perusahaan BUMN yang akan melakukan IPO. Untung-rugi merupakan hal wajar dalam bisnis bursa. Untuk itu sekuritas-sekuritas harus bekerja lebih keras dan cermat untuk menghadapi peluang-peluang tidak terserapnya saham dalam setiap IPO," ujarnya, hari ini.Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN Achiran Pandu Djajanto menambahkan semua pihak terkait harus pandai dalam membaca strategi di pasar. Fundamental perusahaan yang akan IPO juga tidak boleh luput dari perhatian.Semua pihak yang terlibat harus baca strategi pasar, apakah sedang bullish atau bearish. Fundamental perusahaan juga penting. Misalnya BNI dan Bank Mandiri, BNI memang dilaksanakan ketika pasar masih bullish, jadi bagus," tuturnya.Sedangkan untuk Bank Mandiri memang pasar sedang kurang bagus, tetapi secara fundamental sudah bisa mendapat dari mana-mana, seperti dari pelepasan sahamnya di Garuda.

"Kalau untuk menjaga CAR [rasio kecukupan modal], itu sudah lebih dari cukup," jelasnya. (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper