Nikkei terkerek kenaikan harga komoditas

TOKYO: Mayoritas saham Jepang naik karena saham perusahaan perdagangan dan komoditas menguat setelah harga minyak dan logam terangkat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 06 Desember 2010  |  02:24 WIB

TOKYO: Mayoritas saham Jepang naik karena saham perusahaan perdagangan dan komoditas menguat setelah harga minyak dan logam terangkat.

Saham Mitsui & Co, yang pendapatan terbesarnya bersumber dari komoditas, naik 2,2%. Saham Sumitomo Metal Mining Co, produsen emas terbesar di Jepang, menguat 1,7%. Saham Canon Inc, pembuat kamera terbesar di dunia yang mendapat 80% pendapatan dari penjualan di luar negeri, turun 1,5% karena dolar AS jatuh mendekati titik terendah 3 pekan terhadap yen setelah data gaji diumumkan pada 3 Desember di New York.Investasi aset berisiko beralih ke komoditas. Melemahnya dolar terhadap yen akibat pemulihan lapangan kerja di AS yang lambat akan merugikan sejumlah eksportir Jepang, ujar Toshiyuki Kanayama, analis pasar di Monex Inc yang berbasis di Tokyo.Sekitar tiga saham naik untuk tiap saham yang turun di antara 1.664 perusahaan dalam indeks Topix, yang bergerak tipis ke level 879,28 pada pukul 09.35 pagi waktu Tokyo. Indeks Nikkei 225 Stock Average jatuh 0,3% menjadi 10.150,28.Indeks Nikkei 225 mendaki 8% bulan lalu, kenaikan tercepat di antara indeks bagi 45 bursa saham terbesar di dunia, karena dolar AS bangkit dari titik terendah 15 tahun terhadap yen. Bank sentral AS menetapkan kebijakan bulan lalu untuk mendukung ekonomi terbesar di dunia tersebut, menghapus kekhawatiran bahwa krisis utang Eropa dan langkah China menahan inflasi harga properti akan menghambat pertumbuhan global.Saham dalam indeks Nikkei diperdagangkan senilai 17,8 kali dari rerata perkiraan laba, kurang dari setengah nilai di awal tahun, yaitu 43,5 kali.Saham Mitsui menguat 2,2% menjadi 1.370 yen, menuju ke penutupan tertinggi sejak 13 Mei. Saham Sumitomo Metal Mining Co naik 1,7% menjadi 1.378 yen. Saham Mitsubishi Corp, perusahaan perdagangan komoditas terbesar di Jepang, menguat 0,2% menjadi 2.167 yen.Saham-saham yang menekan indeks Topix a.l. Canon yang melemah 1,5% menjadi 4.050 yen, diikuti oleh Honda Motor Co, produsen mobil terbesar kedua di Jepang berdasarkan penjualan, yang turun 1% ke 3.125 yen. Selain itu, saham Panasonic Corp, pembuat elektronik yang mendapat lebih dari 40% penjualan di luar Jepang, tertekan 1,5% menjadi 1.187 yen.(t04/er)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top