Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalbe (KLBF) Gandeng GE HealthCare, Produksi Mesin CT Scan Lokal Pertama

PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) jalin kerja sama dengan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan lokal pertama.
gedung Kalbe Farma/instagram kalbefarma
gedung Kalbe Farma/instagram kalbefarma

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) melalui anak usaha PT Forsta Kalmedic Global (Forsta) menjalin kerja sama dengan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan (Computed Tomography Scan) secara lokal.

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) Irawati Setiady mengatakan bahwa kemitraan strategis antara Kalbe dan GE HealthCare untuk menyediakan mesin CT Scan secara lokal untuk meningkatkan kemandirian penggunaan alat kesehatan dalam negeri.

"Kami berharap inisiatif penyediaan mesin CT Scan secara lokal dapat memajukan layanan kesehatan dan mendukung pemerataan akses kesehatan di Indonesia. Harapannya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (17/10/2024).

Presiden dan CEO GE Healthcare International Elie Chaillot mengatakan pemeriksaan CT Scan merupakan salah satu prosedur medis yang digunakan untuk mendiagnosis berbagai penyakit secara detail hingga mendiagnosis kanker sejak dini.

"Penggunaan CT Scan di Indonesia juga termasuk tinggi jika dibandingkan dengan alat diagnostik lainnya. Namun sayangnya hingga saat ini, mesin CT Scan termasuk alat kesehatan yang belum dapat diproduksi di dalam negeri," ujarnya.

Direktur PT Forsta Kalmedic Global Yvone Astri Della Sijabat, menegaskan bahwa penyediaan alat kesehatan mesin CT Scan termasuk sepuluh besar alat kesehatan yang diprioritaskan untuk diproduksi secara lokal.

Menurutnya inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Kalbe melalui Forsta, kepada program pemerintah di bidang kemandirian kesehatan sekaligus meningkatkan TKDN industri alat kesehatan dalam negeri.

"Demi mengoptimalkan mutu layanan, kerja sama strategis antara Kalbe dengan GE HealthCare juga dilengkapi dengan pelatihan kepada tenaga teknisi layanan kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT GE Operations Indonesia Anthony Lawrence menuturkan penyediaan CT Scan secara lokal di Indonesia sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung sistem transformasi kesehatan RI.

"Terutama pada pilar ketiga, yaitu meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan dengan produksi AKD," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa kemitraan ini sekaligus memperluas lingkup kerja sama Kalbe dan GE HealthCare yang sebelumnya telah berkolaborasi dalam pembangunan fasilitas produksi radiofarmaka dan radioisotop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper