Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Pandu Sjahrir (TOBA) Lebarkan Bisnis ke Pengolahan Limbah

PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) bakal mengembangkan unit bisnis anyar di bidang pengolahan limbah.
Annisa Kurniasari Saumi,Pandu Gumilar
Kamis, 7 Desember 2023 | 16:56
Pandu Patria Sjahrir / Istimewa - Dok.pribadi
Pandu Patria Sjahrir / Istimewa - Dok.pribadi

Bisnis.com, JAKARTA -- PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) bakal mengembangkan unit bisnis anyar di bidang pengolahan limbah.

TOBA melalui anak usaha PT Solusi Bersih TBS (SBT) yang menjadi sub-holding bisnis pengolahan sampah telah mengakuisisi ARAH Environmental (AE). AE adalah pemain di sektor pengolahan limbah medis, limbah B3, limbah domestik, dan limbah elektronik.

Langkah strategis ini mengikuti akuisisi sebelumnya atas Asia Medical Enviro Services (AMES) yang berbasis di Singapura pada Agustus 2023. PT SBT memiliki visi untuk berkembang menjadi pemimpin di industri pengolahan sampah terintegrasi di skala regional, khususnya di Asia Tenggara, menandai langkah besar dalam ekspansi dan pengaruh Perseroan di sektor lingkungan.

SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS Nafi Sentausa menyampaikan SBT akan berfokus pada pengolahan empat  jenis limbah, yang meliputi limbah medis, limbah B3, limbah domestik, serta limbah elektronik dan baterai.

Menurutnya investasi dalam inisiatif penanggulangan perubahan iklim menunjukkan komitmen Perseroan terhadap isu lingkungan global. Selain itu, program pelatihan tentang Praktik Bisnis Berkelanjutan yang diadakan untuk tim Manajemen Senior mencerminkan komitmen Perseroan dalam memastikan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di semua tingkatan organisasi.

“Melalui ‘Towards a Better Society 2030’ (TBS2030), kami tidak hanya berkomitmen untuk pertumbuhan bisnis, tetapi juga untuk menciptakan dampak positif melalui praktek bisnis berkelanjutan dan inklusif.” kata Nafi, Kamis (7/12/2023).

Pada kuartal III/2023, total pendapatan TOBA mencapai US$370 juta, didukung oleh total aset sebesar US$ 945juta, dan laba bersih sebesar US$19 juta.

Direktur TBS Juli Oktarina mengatakan hasil kuartal III/ 2023 ini merupakan kemajuan berkelanjutan yang telah diraih. “Perseroan berhasil membukukan pendapatan dan laba yang relatif stabil ditengah penurunan harga batu bara. Kinerja keuangan kami mencerminkan strategi yang kokoh dan komitmen untuk memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham,” ujar Juli Oktarina, Direktur TBS.

Dia menambahkan perseroan tidak hanya berfokus pada bisnis energi, tetapi kami juga berkomitmen pada pengembangan bisnis yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan berkelanjutan lintas sektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper