Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Ambisi Indika Energy (INDY) Diversifikasi, Proyek Smelter, Motor Listrik, hingga Atsiri
Lihat Foto
Premium

Ambisi Indika Energy (INDY) Diversifikasi, Proyek Smelter, Motor Listrik, hingga Atsiri

Beralih dari batu bara, Indika Energy (INDY) diversifikasi ke zero waste smelter, pengembangan produk motor listrik, hingga merambah sektor kesehatan.
Ana Noviani dan Annisa K. Saumi
Ana Noviani dan Annisa K. Saumi - Bisnis.com
25 Januari 2023 | 14:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Azis Armand, Vice President Director & CEO PT Indika Energy Tbk., buka-bukaan tentang upaya transisi dan diversifikasi usaha menuju dekarbonisasi dan ekonomi hijau di Indonesia Pavilion, Davos, Swiss. Visi tersebut dituangkan dengan mengkaji zero waste smelter, mengembangkan produk motor listrik, hingga merambah sektor kesehatan.

Dalam sesi panel di Indonesia Pavilion pada Rabu (18/1/2023), Azis memaparkan bahwa komitmen pemerintah untuk dekarbonisasi menciptakan berbagai nilai baru dalam ekonomi. Mulai dari ekonomi hijau, klaster industri yang baru, lapangan kerja yang baru, dan ekosistem bisnis yang baru.

Sektornya dinilai sangat beragam, mulai dari yang tradisional, seperti perubahan dari pembangkit batu bara ke energi terbarukan, serta BBM ke listrik untuk bahan bakar alat transportasi.

“Apa yang mau saya sampaikan ialah pada dasarnya bagaimana mendanai transisi ini dan transisi pendanan juga dialami oleh kalangan perusahaan swasta yang mencari opsi pendanaan hijau,” ujarnya.

Salah satu diversifikasi bisnis yang tengah dijalankan INDY ialah pengembangan kendaran listrik roda dua dan ekosistemnya. Azis mengatakan tingkat adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih sangat rendah dan berpotensial besar untuk terus dikembangkan.

Apalagi, pasar kendaraan roda dua di Indonesia merupakan ceruk bisnis yang menggiurkan. Saat pandemi, lanjutnya, penjualan motor turun menjadi 4,7 juta unit dan kembali meningkat menjadi 6 juta unit pada 2022. Nilai pasarnya diestimasi menghasilkan pendapatan US$10 miliar per tahun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top