Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
CEO PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) Febriany bersama Chairman Zhejiang Huayou Cobalt Company Limited Chen Xuehua (Chairman Chen) dan rombongan mengecek pengerjaan smelter nikel di Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. INCO tidak akan membagi dividen pada tahun ini. - Dok. Perusahaan
Lihat Foto
Premium

Obsesi Besar Vale (INCO) di Tengah Puasa Dividen

Selain dari dana yang sebelumnya potensial jadi dividen, rencana Vale (INCO) mengerek kinerjanya untuk jangka panjang juga perlu sumber pendanaan lain.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com
23 Juni 2022 | 07:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Mundur satu langkah agar bisa maju dua langkah. Kalimat bijak ini barangkali merupakan perumpamaan paling tepat atas keputusan emiten penambang nikel PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) untuk puasa dividen pada tahun ini.

Seperti telah diwacanakan perseroan sebelumnya, INCO menyimpan laba tahun buku 2021 demi kebutuhan ekspansi dan mengerek kemampuan produksinya. Kini, isyarat untuk merealisasikan rencana pengembangan sejumlah proyek berjalan di Bahadopo, Pomalaa, dan Sorowako mulai tampak di depan mata.

Sebagai tahap awal untuk merealisasikan ambisinya, Direktur Keuangan INCO Bernardus Irmanto berkata bahwa perseroan akan membentuk 2-3 entitas patungan atau joint-venture baru. Kepemilikan INCO atas JV-JV tersebut nantinya akan berbeda-beda.

Namun, Bernardus juga menekankan bahwa penghentian dividen tidak akan serta merta memuluskan jalan perseroan. Dia mengestimasi, dana yang dibutuhkan bakal besar. Sehingga, sumber pendanaan lain akan tetap dicari.

"Ada kebutuhan dana atau cash untuk equity injection ke JV tersebut. Keseluruhan cash requirement untuk pengembangan tambang dan equity untuk JV kisarannya di US$2,5 miliar dalam lima tahun ke depan," ujar Bernardus, Rabu (22/6/2022).

Dengan melihat posisi terkini neraca keuangan di tahun 2022, proyeksi arus kas di tahun berikutnya, serta mempertimbangkan harga nikel, Bernardus mengatakan bahwa INCO juga harus memperoleh suntikan pendanaan dari luar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top