Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan sambutan pada pembukaan perdagangan saham di Jakarta, Senin (8/10/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
Lihat Foto
Premium

Magnet Saham MNC Energy (IATA) Usai Caplok Perusahaan Migas

Emiten energi Grup MNC, PT MNC Energy Investments Tbk (IATA) mengumumkan akuisisi saham mayoritas perusahaan migas Suma Sarana. Bagaimana prospeknya?
Mutiara Nabila & Herdanang Ahmad Fauzan
Mutiara Nabila & Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
18 April 2022 | 16:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Agresivitas emiten energi besutan Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Energy Investments Tbk. (IATA) belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Terakhir, lewat entitas anaknya PT Bhakti Mineral Resources (BMR), IATA mengumumkan pencaplokan terhadap PT Suma Sarana (SS).

SS merupakan entitas yang memiliki production sharing contract (PSC) dan 100 persen participating interest (PI) di kawasan minyak dan gas (migas) Blok Semai III, Papua. Akuisisi perusahaan ini dilakukan dengan pembelian 49 persen kepemilikan di awal, sementara 36 persen lainnya akan dibeli setelah mendapat lampu hijau pengalihan pengendali dari pemerintah.

“Setelah pemerintah menyetujui, IATA melalui BMR akan menguasai 85 persen saham SS,” jelas Head of Investor Relations IATA Natasha Yunita dalam dokumen kepada otoritas bursa, Selasa (18/4/2022).

Sebagai gambaran, SS diperkirakan perseroan memiliki potensi 30 triliun cubic feet sumber daya yang belum teruji. Kawasan ini terbagi menjadi 4 area yakni Cucak Ijo, Murai Batu, Poksai dan Kaleyo-Opior.

Kendati belum teruji, IATA meyakini peluang bisnis pada proyek tersebut menjanjikan. Mereka mengklaim telah menemukan kandungan minyak dan gas yang signifikan di beberapa tiik seperti Lapangan Gas Tangguh, Asap, Merah, Pulau Seram, Andalan, serta Abadi dan Lapangan Gas NW Shelf.

“Ke depan, IATA akan mengundang operator internasional untuk bermitra dalam mengoperasikan Blok Semai III. Hal ini menjadi salah satu strategi perseroan dalam rangka mengurangi belanja modal dan meningkatkan efisiensi produksi."

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top