Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Api menguar dari pipa di kilang minyak di Kalimantan, Indonesia. - Bloomberg/Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Perang Rusia Ukraina, Waspada Harga Minyak Dunia Mendidih dan Dampaknya ke Indonesia

Harga minyak Brent tak mau turun dari atas level US$100 per barel sedangkan harga minyak WTI bergerak di atas US$95 per barel pada Senin (28/2/2022).
Dwi Nicken Tari & Rayful Mudassir
Dwi Nicken Tari & Rayful Mudassir - Bisnis.com
01 Maret 2022 | 06:12 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Harga minyak mentah terus memanas, memasuki hari keenam Perang Rusia Ukraina. Sejumlah analis pun memperkirakan harga minyak akan berada di level tinggi selama perang sebagai imbas dari semakin banyak negara yang mengenakan sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) ditutup di atas US$95 per barel pada akhir perdagangan Senin (28/2/2022). Lonjakan harga terjadi setelah pengumuman sanksi yang diberikan kepada beberapa perbankan Rusia untuk tidak dapat masuk ke jaringan pembiayaan global.

Namun, kenaikan harga minyak WTI mulai mereda ketika Amerika Serikat menyatakan tengah mempertimbangkan untuk menambah pasokan minyak global dari cadangan daruratnya.

Ed Moya, Senior Market Analyst di Oanda, mengatakan bahwa banyak sekali risiko besar di pasar minyak global saat Perang Rusia Ukraina ini. Belum lagi, ancaman mengenai penggunaan nuklir juga akan melambungkan harga minyak mentah ke depannya.

“Pedagang komoditas energi sangat menyadari bahwa perkembangan krisis di Ukraina akan selalu menjadi tajuk utama dan Cadangan Minyak Strategis (SPR) Amerika Serikat tidak akan cukup memenuhi permintaan,” kata Moya seperti dikutip Bloomberg, Selasa (1/3/2022).

Adapun, sanksi negara Barat yang memblokir beberapa bank Rusia dari sistem pembayaran internasional atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) disebut akan menggoyang harga minyak.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top