Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) bekerjasama dengan Bio Farma dan Kimia Farma menyiapkan 130.000 dosis vaksin sinopharm pada program vaksinasi gotong royong secara mandiri bagi 65.000 karyawan dari 48 bank pemerintah, swasta, nasional, asing dan daerah. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Lihat Foto
Premium

Booster Vaksin Covid-19: SIDO, KLBF Hingga Emiten Cold Chain Siap Tangguk Cuan?

Selain emiten farmasi yang menangani pengadaan vaksin, emiten pengelola rantai pasok dingin juga memiliki potensi bisnis dalam program vaksin booster Covid-19 yang digelar pemerintah.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com
04 Januari 2022 | 10:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah emiten menunggu regulasi teknis dari Kementerian kesehatan sebelum ekspansi dalam bisnis booster vaksin Covid-19. 

Vaksin booster adalah pemberian vaksin tambahan untuk memberi perlindungan ekstra bagi penerimanya. Pemberian vaksin booster membuat tubuh cepat mengenali virus yang menjadi penyebab penyakit dengan lebih cepat. Pemberian booster vaksin seringkali untuk tetap menjaga kekebalan tubuh, sedangkan lainnya adanya perkembangan virus menjadi varian baru. 

Direktur Keuangan Kalbe Farma Bernadus Karmin menyebutkan pihaknya telah memiliki produk yang akan akan dijadikan vaksin booster. Produk itu berasal dari Korea Selatan yakni Genexine-19N (GX-19N).   

“Kalbe Farma akan berpartisipasi, yang sedang berjalan sekarang adalah menyelesaikan uji klinis Vaksin Kalbe-Genexine sebagai vaksin booster,” kata dia kepada Bisnis, Minggu (2/1/2021). 

Kalbe Farma memperkirakan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 hasil kerja sama dengan Genexine-19N (GX-19N) bakal keluar pada semester kedua 2022. Untuk memperoleh izin ini, perusahaan telah mengajukan permohonan protokol uji klinik kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada akhir 2021. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top