Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Premium

Emiten Menara Tangkap Sinyal Positif Jaringan 5G

07 Juni 2021 | 09:45 WIB
Tahap awal jaringan 5G di Indonesia mulai bergulir. Bagaimana dampaknya terhadap kinerja emiten menara telekomunikasi?

Bisnis.com, JAKARTA — Mulai bergulirnya persiapan jaringan 5G di Indonesia memberi sentimen positif bagi emiten menara telekomunikasi. Belanja modal perusahaan untuk memperkuat jaringan diyakini bakal mendorong kinerja yang lebih baik tahun ini.

Analis J.P. Morgan Securities Singapore Ranjan Sharma dan timnya misalnya, menyinggung potensi kinerja yang lebih baik di PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) pada 2021.

"Pertumbuhan TOWR dan TBIG telah melampaui perkiraan. Dengan capex [capital expenditure] dari tiga perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia serta investasi dari Hutch dan Smartfren, tentunya akan menjadi sentimen positif untuk perusahaan menara," paparnya dalam riset yang dipublikasikan lewat Bloomberg seperti dikutip Bisnis, Minggu (6/6/2021).

Saat ini, Hutch dan Smartfren memang terlihat menjadi penyewa menara dua perusahaan itu, yang berkontribusi terhadap kenaikan pendapatan TOWR dan TBIG.

Di Indonesia, Hutch—yang mengacu ke Hutchison Asia Telecom Group—dijalankan oleh PT Hutchison 3 Indonesia. Perseroan sebelumnya telah menyatakan akan fokus memperkuat kapasitas jaringan di sejumlah daerah, termasuk menyasar desa-desa yang belum mendapat akses internet 4G LTE.

Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer Tri Indonesia M. Danny Buldansyah juga menyampaikan pihaknya terus menggunakan teknologi terkini demi menjaga layanan tetap optimal. Salah satunya ditunjukkan lewat kerja sama dengan Huawei dalam mengimplementasikan solusi Dual-band (1800 MHz + 2100 MHz) FDD 32T32R Massive MIMO untuk meningkatkan efisiensi spektrum dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top