Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Telkomsel menambah investasi senilai 300 juta dolar AS atau setara Rp4,2 triliun (kurs Rp14.000 per dolar AS) di Gojek. (ANTARA - HO/Telkomsel)
Premium

Risiko dan Tantangan Investasi Anak Usaha TLKM di GoTo

31 Mei 2021 | 15:23 WIB
Berbagai optimisme muncul dari aksi penyuntikan dana oleh Telkomsel ke Gojek beberapa waktu lalu. Namun di balik optimisme itu, terdapat risiko dan tantangan yang siap mengadang anak usaha TLKM tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Sederet nama investor kakap tercatat ada di balik entitas yang baru lahir hasil merger Gojek-Tokopedia, yakni GoTo. Satu diantara pemodal itu adalah operator telekomunikasi BUMN, PT Telekomunkasi Seluler (Telkomsel), yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

Seperti diketahui, Telkomsel telah menambah investasi di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) senilai US$300 juta. Suntikan investasi itu dilakukan oleh Telkomsel sebelum Gojek memutuskan untuk merger dengan Tokopedia.  

Dengan tambahan investasi US$150 juta akhir 2020, emiten telekomunikasi pelat merah itu telah mengucurkan dana US$450 juta kepada Gojek atau setara Rp6,3 triliun dengan asumsi kurs Rp14.000 per dolar Amerika Serikat. 

Sebelumnya, VP Investor Relations Telkom Indonesia Andi Setiawan mengatakan perseroan selalu terbuka untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Hal itu khususnya dalam rangka mengakselerasi dan memperkuat kapabilitas digital baik melalui kemitraan maupun investasi. 

Investasi Telkomsel di Gojek menurutnya sebagai bagian dari strategi untuk memberikan layanan beyond connectivity. TLKM percaya kolaborasi dan sinergi itu dapat memberikan layanan dan solusi yang lebih baik kepada masyarakat dalam membangun ekosistem digital.

Namun demikian, sejumlah tantangan dan risiko berpeluang mengadang Telkomsel ketika membenamkan dananya di Gojek yang kini melakukan merger dengan Tokopedia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top