Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman. - Istimewa
Premium

Lirikan Emiten Grup Lippo (MLPL) di Edtech dan Jalan Ekspansi Ruangguru

27 Mei 2021 | 18:43 WIB
PT Multipolar Tbk. (MLPL) telah mengumumkan investasi di Ruangguru. Bagaimana rencana sinergi perusahaan Grup Lippo itu dengan startup edtech dalam negeri ini?

Bisnis.com, JAKARTA — Jika saja ada rekapitulasi daftar emiten dengan jumlah klarifikasi terbanyak di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), kemungkinan PT Multipolar Tbk. (MLPL) menjadi kandidatnya.

Belum genap satu semester kalender 2021 berakhir, emiten yang dikelola Grup Lippo tersebut sudah berkali-kali mendapat pertanyaan dari otoritas bursa terkait volatilitas harga saham perusahaan akibat beragam rumor pasar. Mulai dari kabar pelepasan sebagian saham perseroan di PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) kepada anak usaha Temasek Holdings, hingga penjualan saham perusahaan yang sama ke entitas yang terafiliasi dengan Gojek.

Terakhir, pada Selasa (25/5/2021), MLPL bahkan mesti menghelat paparan publik insidentil demi meluruskan sejumlah kabar. Termasuk, yang paling anyar sekaligus paling liar, mengenai investasi mereka di startup pendidikan teknologi (edtech) Ruangguru.

Rumor terakhir itu memang sempat mempertegas grafik kenaikan harga saham MLPL yang sudah melonjak karena dipantik banyak sentimen sejak beberapa bulan terakhir. Puncaknya, per penutupan perdagangan Selasa (25/5), saham MLPL sempat menyentuh posisi Rp530 per saham atau melonjak 657 persen lebih dari posisi awal tahun ini, yang sebesar Rp70 per saham.

Kenaikan tajam tersebut baru sedikit melandai pada Kamis (27/5), saat saham MLPL ditutup di posisi Rp505 per saham atau terkoreksi 4,72 persen dari posisi hari perdagangan sebelumnya. Penurunan terjadi seiring adanya pernyataan perusahaan.

Dalam klarifikasinya, pihak MLPL menjelaskan bahwa investasi mereka di Ruangguru tidak sebesar yang diberitakan media massa. Soal selentingan yang menyebutkan nilai investasi tersebut mencapai Rp700 miliar, Chief Business Development and Investor Relation Officer MLPL Agus Arismunandar membantahnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top