Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kapal tanker melaju di Laut China Selatan. - Bloomberg/Qilai Shen
Premium

Harga Komoditas Terus Naik, Dampak ke Pasar Saham Masih Terbatas?

17 Mei 2021 | 17:18 WIB
Kendati harga sejumlah produk komoditas di pasar global mengalami kenaikan signifikan tahun ini, hal itu tak serta merta memberikan dampak yang positif ke harga saham emiten terkait.

Bisnis.com, JAKARTA – Harga sejumlah komoditas terus menunjukan tren peningkatan dan mendekati harga tertingginya sepanjang sejarah pada tahun ini. Kondisi itu terjadi seiring dengan pemulihan ekonomi ekonomi Amerika Serikat dan China setelah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Indonesia tergolong cukup beruntung, lantaran menjadi salah satu produsen dan eksportir produk komoditas seperti batu bara, minyak kelapa sawit, tembaga dan produk logam lainnya.

Dalam laporan Commodity Market Outlook April 2021 yang dirilis Bank Dunia, perbaikan harga sejumlah produk komoditas pada kuartal I/2021 dapat terus berlanjut pada sisa tahun ini.

Harga minyak tercatat mengalami pemulihan paling cepat setelah sempat terjun pada tahun lalu. Kendati begitu, OPEC telah menahan produksi di pasar untuk memberikan peringatan risiko perubahan cuaca. 

Pemulihan komoditas logam tampak dari pemintaan yang meluas ditopang oleh negara maju dan negara berkembang.

Selanjutnya harga komoditas pertanian terutama produk makanan, juga melejit setelah munculnya perkiraan penurunan pasokan secara global. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top